RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi


Sahabat guru yang berbahagia, salam hangat kami ucapkan semoga sahabat guru senantiasa mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa dalam melaksanakan tugas keseharian. Sahabat Guru kali ini kami akan berbagi RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi dalam bentuk soft file, RPP  ini kami kumpulkan dari berbagai sumber yang kompeten dalam dunia pendidikan. 


RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 

RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
ini disusun berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 dimana untuk pelajaran matematika dari kelas 4 dan 5 sudah dipisah dengan pembelajaran Tematik . Konskuensi dari pemishan mata pelajaran matematika tersebut guru harus membuat RPP Matematika secara terpisah pula. Untuk mempermudah sahabat guru terutama  guru kelas 5 SD dalam membuat RPP matematika dan sebagai referensi pada posting ini kami bagikan RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 bisa langsung unduh pada link yang telah tersedia.

Sahabat Guru, perlu dingat bahwa dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 revisi dimana pada komponen RPP harus memunculkan 4 poin penting yaitu : PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), Literasi, 4C (Critical thinking, Creative, Communicative, dan Collaborative)  atau kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, kemampuan berpikir., dan HOTS( Higher Order Thinking Skill ), yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tingg (kemampuan siswa abat 21)

RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi  ini tersdiri dari 5 Materi pokok, setiap Materi pokok diselesaikan dalam 18 jam pelajaran ( 6 x pertemuan ), adapun Materi pokok tersebut  adalah:
- Volume Bangun Ruang
- Jaring Bangun Ruang
- Penyajian Data Tunggal
- Interpretasi Data

Contoh RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Satuan Pendidikan      : ......................
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : V /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Materi Pokok              : Volume Bangun Ruang
Alokasi Waktu                        : 18 JP (6 Pertemuan)

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
1.    Siswa dapat mengenal bagian-bagian kubus
2.    Siswa dapat menghitung volum kubus.
3.    Siswa dapat mengenal bagian-bagian balok.
4.    Siswa dapat menghitung volum balok

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.5  Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
3.5.1      Memahami satuan volume
3.5.2      Menganalisis unsur dan volume kubus
3.5.3      Menganalisis unsur dan volume balok
3.5.4      Memahami cara menentukan volume kubus dan balok
4.5  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.
4.5.1      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
4.5.2      Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume

C.  MATERI PEMBELAJARAN
1.    Fakta:
Contoh-contoh gambar balok dan kubus
2.    Konsep
·      Kubus adalah balok atau prismasiku-siku khusus.
·      Balok disebut prisma siku-siku.  Balok mempunyai 6 sisi, masing-masing berbentuk persegi panjang.
3.    Prinsip
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
4.    Prosedur
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
·      Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume

D.  METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                     :  Scientific Learning
2.    Model Pembelajaran       :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.   MEDIA PEMBELAJARAN
1.    Media LCD projector,
2.    Laptop,
3.    Bahan Tayang

F.   SUMBER BELAJAR
1.    Buku Siswa Matematika Kelas V Revisi 2017

Adapun contoh RPP di atas tidak kami tampilkan  secara keseluruhan, untuk itu bagi sahabat guru yang ingin lebih detail silakan download RPP Kelas 5 Semester 2  kurikulum 2013 pada link berikut:


Baca Juga :

Demikian  Posting RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi yang dapat kami bagikan kepada sahabat Guru  semua, apabila info ini bermanfaat silakan bagi dengan tombol share media yang tersedia. Terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar

PENGUNJUNG JENDELA