Cara Cek dan Cetak Rapor PMP 2017 |
Namun sebelumnya kami lanjutkan bahasan kali ini alangkah baiknya jika kita membaca kembali Cuplikan surat darai Penjamin Mutu Pendidikan yang ditujukan kepada LPMP, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK di Seluruh Indonesia, Yang kami kutip dari laman http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Adapun pokok suratnya sebagai berikut:
Catatan
yang perlu diperhatikan :
- Mengingat
beberapa provinsi masih membutuhkan waktu untuk mendorong sekolah dalam
mengisi data mutu, maka setelah tanggal 20
Oktober 2017 sekolah masih dapat mengirim datanya ke server
pusat.
- Bagi yang mengalami kendala dalam pengiriman secara online, telah sediakan menu Pengiriman Offline pada website PMP Dikdasmen dengan catatan menggunakan Aplikasi PMP versi 2.2.002 yang dapat di unduh di laman ini.
- Adapun bagi sekolah-sekolah yang baru mengirimkan data paska batas waktu cut-off, maka Rapor Mutu sekolah tersebut dapat diakses secepat-cepatnya pada akhir bulan Desember 2017.
Setelah kita mencermati
isi surat di atas marilah kita lanjutkan tema kita yaitu “Cara Melihat dan
Cetak Rapor PMP” ini dikhususkan bagi sekolah/lembaga yang tidak mengalami
kendala dalam proses pengiriman data.
Adapun cara melihat dan
mencetak rapor PMP sebagi berikut:
1.
Buka laman http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id
2.
Log in dengan Username dan Password ( password Dapodik)
Login PMP Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah |
Setelah Rapor Mutu terbuka kita dapat langsung unduh dalam
bentuk file exel dan langsung mencetaknya, Selain itu kita juga dapat mengunduh
dengan format lain disamping jaring laba-laba Rapor Mutu yang kita dapatkan.
3. Kemudian cek rapor Mutu Sekolah anda, langkah selanjutnya lakukan
pengecekan secara seksama dari 8 Standar Capain Mutu yaitu:
a.
Standar Isi
b.
Standar Proses
c.
Standar Penilaian Pendidikan
d.
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
e.
Standar Sarana dan Prasarana
f.
Standar Pengelolaan Pendidikan
g.
Standar Pembiayaan
4.
Dari hasil pengecekan tersebut secara jelas kita akan mengetahui
kekurangan dan kelebihan sekolah kita masing-masing.
Contoh Rapor Mutu responden belum lengkap
Rapor Mutu Responden Belum Lengkap |
5. Apabila data yang ditampilkan di rapor Mutu tidak sesuai dengan yang di input melalui aplikasi PMP atau mengalami kendala pada saat pengiriman online maka lakukan pengiriman menu Pengiriman Offline pada website PMP Dikdasmen dengan catatan menggunakan Aplikasi PMP versi 2.2.002 yang dapat di unduh di laman ini (cuplikan surat dari PMP di atas)
Setelah klik Pengiriman Offline di atas maka akan muncul seperti gambar di bawah
Pengiriman Data Offline |
Catatan: Fitur ini hanya
diperuntukan bagi sekolah yang kesulitan melakukan pengiriman data PMP secara
online. Tata cara penggunaan pengiriman data PMP offline:
- Pastikan
semua jenis responden sudah selesai mengisi/lengkap
- Tekan
tombol 'Kirim Offline' (bukan tombol 'Backup' dan hanya muncul di aplikasi
PMP versi 2.2.002) pada aplikasi PMP Anda (pastikan komputer tidak
terkoneksi ke internet)
- Cari/temukan
lokasi file PMP Anda yang baru saja terunduh
- Contoh
nama file: 20171018131000_1ed54ac4-30d0-45dc-99c1-f95cef07f606_pmp_1arjl2o9vj000.pmp
- Buka
laman web http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pengiriman/upload
- Tarik
lalu letakan (drag and drop) file PMP Anda ke dalam kotak yang tersedia
- Atau
Anda bisa menggunakan tombol berwarna biru untuk memilih file PMP
- Tunggu
hingga proses upload selesai
- Data
Anda akan tercatat di progres pengiriman maksimal 2x24 jam
- Jika
dalam waktu 2x24 jam status sekolah Anda masih belum kirim, silahkan
hubungi dinas/LPMP/helpdesk
Baca Juga:
- Cek Info GTK Terbaru Langsung di SIM PKB
- Cara Cek Profil PNS Terbaru
- Pembaruan Aplikasi Dapodik Vrersi 2018.a
Demikian Info yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini, jika info ini bermanfaat silakan dibagikan pada tombol share media yang tersedia, jangan lupa jempolnya dan selalu berkunjung di www.jendelasekolah.net sampai jumpa lagi dengan artikel berikutnya terimakasih.
0 Komentar