Penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan tugas yang harus dilaksanakan oleh
seorang guru, hal ini tertuang dalam Permendiknas no.41 tahun 2007 tentang
Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah tepatnya pada pasal 1
ayat 1 yang berbunyi “Standar
proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah mencakup perencanaan proses
pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses
pembelajaran”.
Mengingat hal tersebut diatas penyusunan RPP merupakan rangkaian yang
harus dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran, maka sudah menjadi
kwajiban setiap guru untuk menyusun RPP yang baik dan memenuhi standar. Nah
untuk mempermudah Bapak/Ibu guru dalam menyusun RPP pada kesempatan ini akan
kami bagikan contoh-contoh RPP K 13 Revisi untuk kelas 2 semester I (satu). Contoh
ini diharapkan dapat dijadikan bahan atau rujukan Bapak/Ibu guru untuk menyusun
RPP yang lebih baik dan berkwalitas yang mengacu pada buku K 13 Kelas 2 Edisi Revisi.
Sekilas
tentang perbedaan RPP K13 Edisi Revisi 2017 dengan RPP K 13 revisi 2016
sebenarnya tidak terlalu signifikan , perubahan K13 revisi 2017 di
titikberatkan pada peningkatan hubungan atau keterkaitan antara
kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD).
Dalam
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 revisi 2017, yang harus
muncul empat unsur yaitu; PPK, Literasi, 4C,
dan HOTS sehingga guru dituntut lebih kreatif dalam membuat
RPP tersebut. ( Baca Panduan Menyusu RPP K 13 )
Adapun
4 unsur yang harus diintegrasikan dalam penyusunan RPP K13 Revisi 2017 adalah
sebagai berikut:
1)
PPK ( Penguatan Pendidikan Karakter ) dalam
pembelajaran terutama 5 karakter, yaitu : religius, nasionalis, mandiri, gotong
royong, dan integritas.
2)
Literasi, yaitu : Pengembangan budaya
membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca,
pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
3)
4C (Critical thinking, Creative,
Communicative, dan Collaborative) atau kemampuan berkomunikasi, kemampuan
berinteraksi, kemampuan berpikir.
4)
HOTS ( Higher Order Thinking Skill ),
yaitu kemampuan berpikir kritis, logis,
reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir
tingkat tinggi
Rencana
Pembelajaran dirancang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang,
memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang
cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat,
dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Download RPP K 13 Kelas 2 Edisi Revisi
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema : Hidup Rukun Di Rumah (Sub Tema 1)
Sub Tema : Tugasku Sehari-hari di Rumah (Sub Tema 1)
BACA JUGA:
Contoh RPP K13 Kelas 2 Edisi Revisi 2017 |
Download RPP K 13 Kelas 2 Edisi Revisi
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema : Hidup Rukun Di Rumah (Sub Tema 1)
- Pembelajaran Ke 1
- Pembelajaran ke 2
- Pembelajaran ke 3
- Pembelajaran ke 4
- Pembelajaran ke 5
- Pembelajaran ke 6
- Pembelajaran Ke 1
- Pembelajaran ke 2
- Pembelajaran ke 3
- Pembelajaran ke 4
- Pembelajaran ke 5
- Pembelajaran ke 6
- Pembelajaran Ke 1
- Pembelajaran Ke 2
- Pembelajaran Ke 3
- Pembelajaran Ke 4
- Pembelajaran Ke 5
- Pembelajaran Ke 6
Tema : Bermain
di Lingkunganku (Tema 2)
Sub
Tema : Bermain di Lingkungan Rumah
( Sub Tema 1 )
- Pembelajaran Ke 1
- Pembelajaran Ke 2
- Pembelajaran Ke 3
- Pembelajaran Ke 4
- Pembelajaran Ke 5
- Pembelajaran Ke 6
Sub Tema : Tugasku Sehari-hari di Rumah (Sub Tema 1)
- Pembelajaran Ke 1
- Pembelajaran Ke 2
- Pembelajaran Ke 3
- Pembelajaran Ke 4
- Pembelajaran Ke 5
- Pembelajaran Ke 6
Tema
: Hidup Bersih dan Sehat ( Tema 4)
Sub Tema : Hidup Bersih dan
Sehat di Rumah ( Sub Tema 1)
- Pembelajaran Ke 1
- Pembelajaran Ke 2
- Pembelajaran Ke 3
- Pembelajaran Ke 4
- Pembelajaran Ke 5
- Pembelajaran Ke 6
BACA JUGA:
Demikian Info Terkait RPP K 13 Edisi revisi 2017 yang dapat kami bagikan, kalau info ini berkenan silakan dibagikan pada tombol share media yang tersedia, terimakasi atas kunjungan anda jangan lupa jempol fanpage kami jendelasekolah.net
0 Komentar