Prinsip Penyusunan RPP

Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau di kelompok (di KKG), di sekolah yang disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah. Adapu prinsip penyusunan RPP sebagai berikut;

a.             Setiap RPP harus secara utuh memut kompetensi dasar sikap spiritual (KD dari KI-1), Sosial (KD dari KI-2), mmpuan spengetahuan (KD dari KI-3)

b.            Satu RPP dilaksanakan dalam satu kali pertemuan (satu hari)

c.             Memperhatikan perbedaan individu siswa.
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemmpuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, potensi, kemampuan social, emosi,  gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan atau lingkungan siswa.

d.            Berpusat pda siswa.
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat siswa untuk mendorong motivasi, minat, kreatifitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian dan semangat belajar, menggunakan pengembangan model-model pembelajaran.

RPP

e.             Berbasis konteks.
Proses pembelajaran yang menjadikan lingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar

f.              Berorentasi Kekinian
Pembelajaran yang berorentasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa kini.

g.            Mengembangkan Kemandirian Belajar
Pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk belajar secara mandiri.

h.            Memberikan Umpan Balik dan tindak lanjut Pembelajaran
RPP memuat  rancanagn program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedial.

i.              Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antar kompetensi dan/atau antar muatan.
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI,KD, Indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik , keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar dan keragaman budaya.

j.              Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara integrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Baca juga:


Komponen Minimal RPP
       A.            Identitas RPP
§  Nama Sekolah/Madrasah  
§  Mata pelajaran atau tema (nama mata pelajaran atau judul tema)
§  Kelas/smester (kelas dan semester yang akan dibelajarkan)
§  Alokasi waktu (perkiraan durasi waktu untu menyelesaikan materi dan kompetensi yang akan dibelajarkan)

       B.            Kompetensi Inti (KI)
                 KI  1 dan 2, khusus untuk mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti, dan PPKn                              dicantumkan sebagaimana yang ada dalam dokumen KI dan KD. Untuk mata                              pelajaran lain dicantumkan dengan diskripsi nurturant affect.

       C.            Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian  
                 kompetensi (mengacu pada KD dan silabus)

       D.            Kegiatan Pembelajaran
              Kegiatan pembelajaran terdiri dari:
-       Kegiatan Pendahuluan
-       Kegiatan Inti
-       Kegiatan Akhir/penutup
-        
      E.            Penilaian

-       Mencakup : Kompetensi yang ingin dinilai, instrumen, penilaian, cara melaksanakan penilaian, pengolahan data dan pelaporannya.

F.            Pendukung pembelajaran
- meliputi: Media, alat, bahan belajar, dan sumber belajar

Demikian Info yang admin bagikan kali in,  jika posting ini bermanfaat silakan share pada link yang tersedia, terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar

PENGUNJUNG JENDELA