Dalam menyusun
Rencana Pembelajaran (RPP) perlu mengikuti mekanisme atau langkah-langkah
sebagai acuan sehingga RPP yang dihasilkan sesuai dengan harapan dan akan
berimbas pada suksesnya pembelajaran yang dilaksanakan. Adapun langkah-langkah
yang lazim yang telah diterbitkan dalam buku pelatihan kurikulum 2013 yang
disempurnakan sebagai berikut;
a. Mengkaji
silabus tematik meliputi: (1) KI dan KD;
(2) materi pembelajaran; (3) proses pembelajaran; (4) penilaian pembelajaran; (5)
alokasi waktu; dan (6) sumber belajar.
b.
Merumuskan
indicator pencapaian KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
c. Mengembangkan
materi pembelajaran. Materi pelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran
(buku siswa) dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan local,
materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan
menjadi materi untuk pembelajaran regular, pengayaan dan remedial.
d. Menjabarkan
kegiatan pembelajaran yang ada pada silabus dalam bentuk yang telah operasional
berupa pendekatan saintifik disesuaikan dengan kondisi siswa dan satuan guruan
termasuk penggunaan media, alat, bahan, dan sumber belajar.
e. Menentukan
alokasi waktu untuk setiap pertemuan berdasarkan alokasi waktu pada silabus.
Selanjutnya dibagi dalam kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.
f. Mengembangkan
penilaian pembelajaran dengan cara menentukan lingkup teknik, dan instrument
penilaian, serta membuat pedoman penskoran.
g.
Menentukan
strategi pembelajaran remedial segera setelah dilakukan penilaian.
h. Menentukan
Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar disesuaikan dengan yang telah ditetapkan
dalam langkah penjabaran proses pembelajaran.
0 Komentar