Inilah 10 Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasioal (UN) 2017

Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2016/2017 sebentar lagi dilaksanakan, kalau anda sekarang duduk dibangku tahun terakhir baik itu SD/MI, SMP/ MTs, SMA/MA/SMK itu artinya anda anda akan mengikuti ujian akhir yang akan menentukan naksib anda kedepan. Bagi yang duduk di bangku SMP/MTs, SMA/SMK/MA akan melaksanakan Ujian Nasional, sedangkan SD/MI akan melaksanakan Ujian Sekolah.

alt
Tips Sukses Ujian Nasional 2017

Apakah anda ingin sukses Ujian Sekolah/Ujian Nasional?

Berkut 10 Tips Sukses Ujian Sekolah/Ujian Nasional

1.        Miliki Kisi-kisi UN 2017 
       Anda harus segera miliki kisi-kisi UN sesuai dengan jenjang pendidikan (SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Program Paket B dan Program Paket C). Pelajari dan pahami maksud kisi-kisi UN 2017 dan tanyakan kepada gurumu jika anda kurang mengerti.

Download Kisi Kisi UN 2017 pdf Tingkat SMP-MTs (di sini)
Download Kisi Kisi UN 2017 pdf Tingkat SMA-MA dan sederajad (di sini)
Download Kisi Kisi UN 2017 pdf Tingkat SMK-MAK (di sini)
Download Kisi Kisi UN 2017 pdf Pakec B dan C (di sini)
Download Kisi Kisi UN 2017 pdf Tingkat SMA LB-SMP LB (di sini)
Download Kisi Kisi UN 2017 SMP-,SMA-SMK-SMP LB, SMA LB, paket B, paket C (di sini)
2.      Siapkan bahan-bahan UN
Kumpulkan bahan-bahan ujian mulai sekarang. Kumpulkan buku-buku penunjang, contoh soal-soal latihan UN dan sejenisnya.

3.      Disiplin dalam belajar
Kedisplinan adalah kunci sukses dalam segala hal, tidak disiplin sering menunda-nunda belajar itu adalah masalah besar. Untuk itu segeralah singsingkan lengan mulailah dari sekarang dan jangan tunda-tunda lagi untuk bersikap disiplin dalam memanfaatkan waktu belajar.

4.      Jangan Sekali-kali Menunda Belajar
Menunda belajar hinggga berlarut-larut sangatlah tidak baik, menunda belajar sama halnya menunda kesuksesan. Segeralah mulai belajar dan ingat waktu adalah sumberdaya yang terbatas, manfaatkan waktumu semaksimal mungkin. Jika anda kesulitan belajar sendiri segeralah datang kekelompok belajar/Bimbel atau tanya kepada gurumu.

5.      Percaya Diri menghadapi UN
Percayalah bahwa semua orang mampu menghadapi UN/US dengan baik asalkan berusaha dengan sungguh-sungguh. Dengan rasa percaya diri yang kamu miliki, kamu yakin akan sukses, dengan demikian kamu akan berjuang sekuat tenaga untuk mencapai kesuksesan yang kamu impikan.

6.      Mengurangi Kebiasaan Yang tidak Produktif
Anda mempunyai kebiasaan yang tidak produktif dan sangat menyita waktu belajar, kebiasaan itu adalah menonton TV, bermain Gaget, bermain Game dan sebagainya hingga menyita waktu berjam-jam lamanya. kurangilah kebiasan tersebut dan ganti kebisaan tersebut dengan belajar. Ingat menonton TV dan lain sebagainya sekedar hiburan sebagai penghilang kepenatan.

7.      Membuat Catatan-Catatan Kecil Hasil Belajar
Kalau anda sedang belajar buatlah catatan-catatan kecil dari hasil belajarmu pada kertas-kertas/buku catatan berdasarkan pokok bahasan/mata pelajaran baik yang sudah kamu kuasai ataupun yang belum. Dengan catatan yang kamu buat maka anda akan lebih mudah dalam belajar selanjutnya.

8.      Berlatih Mengerjakan Soal UN
Semakin anda sering berlatih maka anda akan semakin siap dan percaya diri.

9.      Jagalah Kesehatan
Dengan pola makan yang baik, istirahat yang cukup dan jangan tegang dan setres.

10.   Banyak Berdoa
Berdoa adalah roh dari usaha kita, dengan berdoa secara sungguh-sungguh niscaya usaha kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Demikianlah beberapa tips sukses menghadapi UN/US semoga bermanfaat, Jika tulisan ini berkenan silakan di share melalui link yang tersedia, dan jangan lupa like fans page serta komentarnya, sekian terimakasih.

Posting Komentar

0 Komentar

PENGUNJUNG JENDELA