Cara Instalasi Dapodik Versi 2017

Para pengunjung blog kami yang setia salam satu data, pada kesempatan ini kami bagikan informasi terbaru cara instalasi dapodik versi 2017 semoga bermanfaat. Adapun tahap-tahap instalasi sebagai berikut:

ØPersiapan Instalasi
a.  Kode registrasi dan Akun Petugas Pendataan
Sebelum memulai proses instalasi aplikasi Dapodik Versi 2017, petugas  pendataan harus memastikan telah memiliki kode registrasi dan Akun  Petugas Pendataan yang akan digunakan dalam proses instalasi.

b.  Unduh Aplikasi Dapodik
Aplikasi Dapodik V.2017 saat ini tersedia dalam bentuk file  installer  yang  merupakan hasil perbaikan dan pengembangan dari aplikasi versi  sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik Versi 2017, lakukan  langkah-langkah sebagai berikut:

>>>>> Unduh aplikasi Dapodik versi 2017 (di sinai) <<<<<<
>>>>> Unduh Pedoman Aplikasi Dapodik Versi 2017 (di sini) <<<<<
>>>>> Baca juga Inilah Daftar Perubahan Aplikasi Dapodik versi 2017 <<<<<

Aplikasi Dapodik Versi 2017

  1. Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu  ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh  di  address bar.
  2. Klik menu "Unduh" dan klik Installer Dapodik Versi 2017  seperti di  bawah ini, lalu simpan di lokal komputer/laptop.
alt
Gambar .Halaman unduh Aplikasi Dapodik Versi 2017

c.  Generate Prefill Aplikasi Dapodik
  1. Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah  melakukan generate ulang prefill, baiknya pengguna mengetahui terlebih  dahulu ketentuan-ketentuan umum generate ulang prefill.  Berikut ini beberapa ketentuan terkait Generate Ulang Prefill:
  2. Generate prefill adalah tahapan untuk mengambil database awal  sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di aplikasi Dapodik  secara offlineGenerate prefill merupakan database hasil sinkronisasi terakhir  sekolah.
  3. Masukkan username, password yang lama dan kode registrasi sesuai  di aplikasi Dapodik, Jika lupa  username/password  silakan hubungi  admin dinas  kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk dilakukan reset ulang.
  4. Untuk sekolah baru, hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK- DATADIK) untuk mengaktivasikan username dan password.
  5. Saat registrasi di aplikasi, isi username dan password sesuai pada saat  unduh prefill.
  6. Registrasi awal masuk ke dalam aplikasi dapat dilakukan tanpa harus  menggunakan prefill, dengan syarat harus online/terhubung internet.
  7. Dinas kabupaten/kota/Provinsi  (KK-DATADIK) dapat membantu  melakukan generate prefill sekolah di wilayahnya masing-masing  untuk membantu sekolah-sekolah dengan keterbatasan infrastruktur  (internet, SDM, komputer, listrik, dll) dengan menggunakan akun di  laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  8. Jangan lakukan registrasi dengan menggunakan prefill kadaluarsa  (lama). Jika ingin pindah ke komputer lain lakukan siklus "sinkronisasi  > generate prefill ulang". (untuk mencegah duplikasi data)
  9. Kode registrasi,  username  dan  password  dapat di-reset oleh admin  dinas kabupaten/kota/provinsi  (KK-DATADIK) jika diperlukan (terjadi  pergantian petugas pendataan).
          Selengkapnya, silakan lakukan langkah-langkah seperti berikut:
1. Jalankan peramban web (Google Chrome atau Mozilla Firefox), lalu  ketikkan http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/laman/unduh  di address bar. 
2.    Pilih jenjang yang sesuai.
3.    Masukkan username, password, dan kode registrasi

alt
Gambar 4. Formulir prefill

Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill adalah  yang terdaftar terakhir dan tersimpan di server Pusat. Jika terdapat  ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, lakukan  konfirmasi dengan operator Dapodik di dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK).   

Dinas kabupaten/kota dapat membantu melakukan generate ulang prefill  sekolah di wilayahnya masing-masing untuk membantu sekolah-sekolah  dengan keterbatasan infrastruktur (internet, SD, komputer, listrik, dll)  dengan menggunakan akun khusus dinas kabupaten/kota di laman  http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id 

  1.  Setelah berhasil memasukkan  username,  password, dan kode  registrasi, klik “Generate”. Tunggu proses generate selesai
alt
Gambar. Proses generate prefil


     2. Setelah proses generate prefill selesai, selanjutnya akan tampil  jendela seperti pada              gambar.
Gambar. Pembuatan prefill selesai dilakukan

3.   Klik  “Download” dan  simpan prefill  tersebut di drive  C:\ dengan  nama folder                           “prefill_dapodik”.


Gambar. Unduh prefill dan cara penempatan di folder prefill_dapodik



d.  Pengaturan waktu pada komputer
Langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan waktu pada komputer.  Hal ini penting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi data  berjalan lancar. Selengkapnya silakan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Klik waktu yang terdapat di  taskbar  (pojok kanan bawah), lalu klik  “Date and time settings”. gambar
Gambar. Pengaturan waktu dan tanggal


2. Tampil menu date and time settings, lalu klik “Change” dan sesuaikan  dengan waktu saat ini. gambar
Gambar. Rincian pengaturan dan tangga


3. Selanjutnya, pastikan zona waktu yang dipilih adalah zona waktu yang  sesuai dengan wilayah setempat. Contoh untuk pengisian zona waktu  WIB (Waktu Indonesia Barat) pilih zona waktu (UTC+07:00 Bangkok,  Hanoi, Jakarta).

pengaturan waktu

e.  Program pengamanan dinonaktifkan

Agar proses instalasi aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan lancar,  beberapa program pengamanan perlu dinonaktifkan, contohnya:
  1.   Deep Freeze: harus dinonaktifkan.
  2. Antivirus yang membuat service database tidak berjalan  sebagaimana seharusnya misalnya Avast, Avira, Symantec, Antivir  harus dinonaktifkan atau dihapus. Antivirus yang disarankan adalah Windows Defender atau Microsoft Essentials. Antivirus ini dapat  diunduh di laman resmi Windows dan tidak berbayar.
  3.   Windows Firewall dinonaktifkan jika ingin menggunakan entri data  dengan menggunakan jaringan. Cara menonaktifkannya adalah:
Gambar. Menonaktifkan firewal

f.  Menyiapkan Kode Registrasi Aplikasi Dapodik
Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi  diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi  sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan memiliki NPSN. Kode registrasi  didapat dari dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) atau dengan cara login ke  laman SDM di http://sdm.data.kemdikbud.go.id. Jika belum memiliki akun di http://sdm.data.kemdikbud.go.id, maka petugas pendataan di sekolah harus segera melakukan registrasi dengan melampirkan surat tugasnya  sebagai Petugas Pendataan Dapodik.  

Setelah mengambil kode registrasi sekolah dari laman  http://sdm.data.kemdikbud.go.id maka pastikan kode registrasi tersimpan  dan tercatat dengan baik serta tidak membagi/memberitahukan kode  registrasi ini pada pihak yang tidak berkepentingan, jadi kode registrasi  sifatnya RAHASIA.   Untuk sekolah baru dan belum memiliki Kode registrasi, maka prosedur  untuk memperoleh Kode registrasi Aplikasi Dapodik adalah sebagai berikut: 
  • Sekolah harus telah memiliki NPSN yang diterbitkan oleh PDSP-K.
  • Petugas pendataan melakukan registrasi atau mendaftar di laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id  dengan melampirkan Surat  Tugas atau SK Operator (file dalam bentuk *.pdf)
  • Petugas pendataan  dapat mengecek status approve atau  persetujuan dari admin di PDSP-K.
  • Jika statusnya telah di-generate, maka  petugas pendataan  dapat  melihat dan mengambil Kode registrasi pada laman  http://sdm.data.kemdikbud.go.id sebagaimana dijelaskan di atas.

 Ã˜ Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodik

Setelah semua tahapan persiapan instalasi dilakukan, maka langkah  selanjutnya adalah melakukan instalasi dengan menjalankan file full  installer yang telah diunduh. Panduan ini menggunakan aplikasi dapodik  V.2017.  Proses instalasi dengan status normal akan berlangsung cukup  lama yaitu sekitar 15 menit. Selengkapnya ikuti langkah-langkah sebagai  berikut:
  1.  Siapkan file installer yang sudah diunduh. Sebelum melakukan  nstalasi, sangat  disarankan untuk menutup program lainnya.
Gambar. File installer


2.  Klik ganda file installer, jika muncul security warning, pilih “Yes” atau  untuk komputer               dengan sistem operasi windows dengan versi  tertentu, klik “Run Anyway”.
3. Selanjutnya akan ditampilkan tampilan jendela aplikasi Dapodik, pilih  “Lanjut”.


Gambar. Jendela instalasi Dapodik

 4.  Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih “Saya Setuju” dan klik  “Lanjut”


Gambar. Perjanjian persetujuan

 5.  Selanjutnya pada jendela  “Pilih  lokasi  tujuan”  dan  secara  default  otomatis akan                     mengarahkan lokasi instalasi di “C:\Program  Files(x86)\Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
 6.   Pilih folder Start Menu. Secara default, sistem akan otomatis mengisi  “Dapodik”. Pilih               “Lanjut”.
 7.  Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik  “Pasang” untuk memulai         proses instalasi aplikasi.
 8.  Proses instalasi aplikasi Dapodik sedang berjalan. Tunggu hingga  proses pemasangan ini       selesai.
 9. Untuk mengakhiri proses pemasangan aplikasi Dapodik, klik  “Selesai”.

Gambar. Mengakhiri pemasangan aplikasi

 10. Setelah proses instalasi maka akan muncul ikon aplikasi Dapodik di  halaman desktop.             Klik ganda pada ikon untuk membuka aplikasi.

Gambar . Cara membuka aplikasi Dapodik Versi 2017


Demikian artikel yang kami bagikan mudah-mudahan bermanfaat. Jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan melalui link yang tersedia dan jangan lupa like fans page kami terimakasih


Posting Komentar

0 Komentar

PENGUNJUNG JENDELA