Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, SBMPTN,
PMDK Politeknik atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi secara daring pada laman
bidikmisi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id adalah sebagai berikut:
Halaman Utama Bidik Misi.belmawa.ristekdikti.go.id |
1. Langkah-Langkah Pendaftaran Bidikmisi 2017
a. Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi
rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan)
(Lampiran II bagian persetujuan dan tanda tangan) untuk mendapatkan nomor Kode
Akses Sekolah.
b. Ditjen Belmawa memverifikasi pendaftaran dalam kurun
waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja
c. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui
laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah
diverifikasi.
d. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses
kepada masing-masing siswa yang sudah direkomendasikan;
e. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan
menyelesaikan semua tahapan yang diminta di dalam sistem pendaftaran.
2. Langkah-Langkah Seleksi Bidikmisi 2017
Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi
mendaftar seleksi nasional atau mandiri yang telah diperoleh sesuai ketentuan
masing-masing pola seleksi melalui alamat berikut.
a. SNMPTN melalui http://www.snmptn.ac.id
b. SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id
c. PMDK Politeknik melalui http://pmdk.politeknik.or.id
d. Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing
PTN.
e. Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS
Download Petunjuk Teknis Pendaftar Bidik Misi Siswa (di sini)
3. Langkah Selanjutnya Setelah dinyatakan Lolos Bidikmisi
Siswa yang mendaftar dan ditentukan lolos melalui seleksi
masuk, melengkapi berkas dan dibawa pada saat pendaftaran ulang, yaitu:
a. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program
Bidikmisi yang dicetak dari laman Bidikmisi;
b. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
c.
Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala
Sekolah;
d. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
e. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir
oleh Kepala Sekolah;
f.
Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung
prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh
Kepala Sekolah (jika ada);
g.
Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika
ada);
h. Bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) diatas, maka
harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan
Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala
Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
i.
Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
j. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila
tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti
pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya.
Prioritas Peserta Seleksi Penerimaan Bidikmisi 2017
PTN melakukan seleksi terhadap penerima rekomendasi
Bidikmisi yang merupakan lulusan seleksi nasional dengan prioritas sebagai
berikut:
• pendaftar
yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi
• pendaftar
yang paling tidak mampu secara ekonomi
• urutan
kualitas Sekolah
• asal daerah
pendaftar
Pelamar Bidikmisi penerima BSM dan/atau memiliki KIP dan sejenisnya
dapat dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi. Untuk memastikan
kondisi ekonomi pendaftar, biasanya PTN akan melakukan kunjungan ke alamat
pendaftar.
Demikian Info Seputar Pendaftaran Bidik Misi 2017 yang admin kutib dari gurupembelajar.net
apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan melalui link yang tersedia jangan lupa like fans page kami dan kami ucapkan terimakasih atas kunjungan anda.
Demikian Info Seputar Pendaftaran Bidik Misi 2017 yang admin kutib dari gurupembelajar.net
apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan melalui link yang tersedia jangan lupa like fans page kami dan kami ucapkan terimakasih atas kunjungan anda.
0 Komentar