Cara Pendaftaran Bidik Misi On-line (Daring)

Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, SBMPTN, PMDK Politeknik atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi secara daring pada laman bidikmisi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id  adalah sebagai berikut:

alt Halaman Utama Bidik Misi ristekdikti
Halaman Utama Bidik Misi.belmawa.ristekdikti.go.id

1. Langkah-Langkah Pendaftaran Bidikmisi 2017

a. Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran II bagian persetujuan dan tanda tangan) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
b. Ditjen Belmawa memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja
c. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi.
d. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing-masing siswa yang sudah direkomendasikan;
e. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta di dalam sistem pendaftaran.

2. Langkah-Langkah Seleksi Bidikmisi 2017

Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi mendaftar seleksi nasional atau mandiri yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing pola seleksi melalui alamat berikut.
a. SNMPTN melalui http://www.snmptn.ac.id
b. SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id
c. PMDK Politeknik melalui http://pmdk.politeknik.or.id
d. Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN.
e. Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS

Download Petunjuk Teknis Pendaftar Bidik Misi Siswa (di sini)

3. Langkah Selanjutnya Setelah dinyatakan Lolos Bidikmisi

Siswa yang mendaftar dan ditentukan lolos melalui seleksi masuk, melengkapi berkas dan dibawa pada saat pendaftaran ulang, yaitu:
a. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari laman Bidikmisi;
b. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
c. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
d. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
e. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
f. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
g. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada);
h. Bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) diatas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
i. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
j. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya.

Prioritas Peserta Seleksi Penerimaan Bidikmisi 2017

PTN melakukan seleksi terhadap penerima rekomendasi Bidikmisi yang merupakan lulusan seleksi nasional dengan prioritas sebagai berikut:
•        pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi
•        pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi
•        urutan kualitas Sekolah
•        asal daerah pendaftar

Pelamar Bidikmisi penerima BSM dan/atau memiliki KIP dan sejenisnya dapat dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, biasanya PTN akan melakukan kunjungan ke alamat pendaftar.

Demikian Info Seputar Pendaftaran Bidik Misi 2017 yang admin kutib dari gurupembelajar.net
apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan melalui link yang tersedia  jangan lupa like fans page kami dan kami ucapkan terimakasih atas kunjungan anda.

Posting Komentar

0 Komentar

PENGUNJUNG JENDELA