RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 SD Semester 2


Bapak/Ibu guru diseluruh tanah air yang berbahagia terutama guru kelas 2 Sekolah Dasar, kali ini kami bagikan RPP Kurikulum 2013 Revisi sebagai acuan bapak/ibu guru untuk menyusun RPP yang lebih baik tentunya, tetapi sebelumnya cermati ulasan berikut ini.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
RPP K 13 Kelas 2 SD Semester 2

Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Baca Juga:
Pada Kurikulum 2013, guru hanya diwajibkan menyusun dan membuat RPP berdasarkan silabus yang telah dibuat oleh Kemendikbud. Kurikulum 2013 harus menyentuh empat ranah, yaitu ranah pengetahuan, ranah keterampilan, ranah sikap, dan perilaku. Hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan yang terintegritas.

RPP K 13 Revisi untuk kelas 2 semester 2 (dua)  sudah memuncul empat unsur  yaitu; PPK, Literasi, 4C (Critical thinking, Creative, Communicative, dan Collaborative)  atau kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, kemampuan berpikir., dan HOTS( Higher Order Thinking Skill ), yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga guru dituntut lebih kreatif dalam merancang menyusun RPP.

Untuk melaksanakan pembelajaran guru harus menyusun RPP terlebih dahulu sebagai pedoman dalam pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. Sebagai contoh RPP Kurikulum 2013 Kelas 2  SD Semester 2 dapat diunduh pada link berikut:

RPP K 13 Kelas 2 Tema 8 Keselamatan diRumah dan di Perjalanan

Demikian info yang dapat kami bagikan mudah-mudahan bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

PENGUNJUNG JENDELA