Bapak/Ibu guru diseluruh tanah air yang berbahagia pelaksanaan Olimpiada Sains Nasional (OSN) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat
Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jendral Pendidikan Dasasr dan Menengah
, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan adanya kegiatan semacam ini sudah menjadi kebisaan para guru untuk mempersiapkan peserta didiknya sebaik mungkin
dengan harapan akan mendapatkan hasil terbaik.
Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) merupakan wahana kompetisi dalam bidang Matemataika dan ILmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat , sebagai bagian darai upaya komprehensif dalam penumbuhkembangkan budaya belajar, kreatifitas, dan motivasi prestasi peserta didik. Selain itu Olimpiada Sains Nasional untuk peserta didik SD/MI ini diselenggarakan untuk memotivasi guru, pengelola, dan pembina pendidikan berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik sekaligus meningkatkan kualitas pendidik di negeri tercinta ini.
dengan harapan akan mendapatkan hasil terbaik.
Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN-SD) merupakan wahana kompetisi dalam bidang Matemataika dan ILmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat , sebagai bagian darai upaya komprehensif dalam penumbuhkembangkan budaya belajar, kreatifitas, dan motivasi prestasi peserta didik. Selain itu Olimpiada Sains Nasional untuk peserta didik SD/MI ini diselenggarakan untuk memotivasi guru, pengelola, dan pembina pendidikan berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik sekaligus meningkatkan kualitas pendidik di negeri tercinta ini.
Untuk bisa mengikuti dan bersaing dalam lomba Olimpiade
Sains Nasional baik dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi bahkan tingkat nasional maka
perlu persiapan yang matang. Persiapan tersebut antara lain dengan mempelajari soal-soal OSN
pada tahun-tahun yang telah lalu, dengan semakin sering mengerjakan atau berlatih
soal-soal maka anak-anak akan terbiasa dan semakin faham dengan tipe dan jenis
soal yang mereka temui. Dengan demikian harapan keberhasilan akan semakin
terbuka lebar.
Untuk mensukseskan agenda tersebut pada kesempatan ini dan sebagai dukungan kami bagikan soal-soal OSN dari berbagai sumber terpercaya yang bisa diunduh pada link yang tersedia secara gratis.
Link download contoh soal OSN
~ Soal Latinhan OSN IPA 1
~ Soal Latinhan OSN IPA 2
~ Soal Latihan OSN IPA 3
~ Soal Latihan OSN IPA 4
CONTOH SOAL OLIMPIADE SAINS SD/MI TINGKAT PROVINSI 2017
~ Soal Olimpiade SD Mapel Matematika 2017
~ Soal Olimpiade SD Mapel IPA 2017
Link download contoh soal OSN
~ Soal Latinhan OSN IPA 1
~ Soal Latinhan OSN IPA 2
~ Soal Latihan OSN IPA 3
~ Soal Latihan OSN IPA 4
CONTOH SOAL OLIMPIADE SAINS SD/MI TINGKAT PROVINSI 2017
~ Soal Olimpiade SD Mapel Matematika 2017
~ Soal Olimpiade SD Mapel IPA 2017
Berikut
Contoh Soal Olimpiada Sains Nasional IPA
PILIHAN GANDA PILIHAN
GANDA
A. Hanya
2
B. 3
dan 4
C. 1, 3
dan 4
D. 1, 2,
3 dan 4
2. Perhatikan
gambar berikut
Pilihlah
pernyataan yang benar
A. Kedua
komunitas tersebut memiliki jumlah jenis yang berbeda
B. Kedua
komunitas tersebut mempunyai jumlah individu yaang berbeda
C. Komunitas
2 lebih baik karena ada jenis yang dominan
D. Komunitas
satu lebih baik karena tidak ada jenis yang dominan
Manakah tumbuhan yang hidup di air?
10.Syamil menemukan buah dengan ciri kulit luar keras berwarna hijau kecoklatan, dan bila buah tersebut digoyang-goyangkan maka terasa seperti ada air di dalam buah tersebut. Dari ciri tersebut, secara alamiah buah tersebut menyebar secara
3. Study the tble below. Which niml is wrongly described
4. Tropical rain forest are called the lungs of the because they:
A. Provide
shelter and food for birds and other creatures
B. Take
in carbondioxide ang give off oxygen
C. Take
in oxygen ang give off carbon dioxide
D. Provide
exhibit more biodiversity than insects
5. Bila kalian perhatikan jaring makanan dibawah inisa, manakah yang
memiliki biomassa paling kecil?
A.
Green plants
B.
Seed-eating birds
C.
Foxes
D.
Mice
6. Hewan
di bawah ini dapat dikatagorikan sebagai:
A.
Autotrof, karnivora, konsumen tingkat I
B.
Autotrof, karnivora, konsumen tingkat II
C.
Heterotrof, karnivora, konsumen tingkat I
D.
Heterotrof, karnivora, konsumen tingkat I
7. Perhatikan
grafik berikut, bila Sumbu X adalah waktu, dan Sumbu Y adalah jumlahindividu.
Pada posisi nomor berapakah yang menunjukan daya dukung lingkungan.
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
8. Berdasarkan Grafik rata-rata suhu tahunan di
dua lokasi, pilih pernyataan yang benar
A.
Lokasi 1 terletak di sekitar benua Antartika dan Lokasi 2 di Gurun Sahara
B.
Lokasi 1 terletak di Kutub Utara dan lokasi 2 di Ekuator
C.
Lokasi 1 bioma Taiga dan lokasi 2 bioma hutan Temperate
D.
Lokasi 1 kemungkinan negara Finlandia dan lokasi 2 negara Afrika Selatan
9. Perhatikan gabar di bawah ini
Manakah tumbuhan yang hidup di air?
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 1 dan 4
10.Syamil menemukan buah dengan ciri kulit luar keras berwarna hijau kecoklatan, dan bila buah tersebut digoyang-goyangkan maka terasa seperti ada air di dalam buah tersebut. Dari ciri tersebut, secara alamiah buah tersebut menyebar secara
A. Hidrogami
B. Hidrokori
C. Hidrofita
D. Hidrofobik
Link download soal OSN
~ Soal dan Pembahasan Uraian OSN Matematika (disini)
~ Soal dan Pembahasan Isian singkat OSN Matematika (disini)
~ Soal dan Pembahasan Eksplorasi OSN Matematika (disini)
KUMPULAN SOAL OSN MATEMATIKA SD/MI 2003 - 2016 (DISINI)
Link download soal OSN
~ Soal dan Pembahasan Uraian OSN Matematika (disini)
~ Soal dan Pembahasan Isian singkat OSN Matematika (disini)
~ Soal dan Pembahasan Eksplorasi OSN Matematika (disini)
KUMPULAN SOAL OSN MATEMATIKA SD/MI 2003 - 2016 (DISINI)
Demikian
Contoh soal Olimpiade Siswa Nasional (OSN) SD/MI yang kami
tampilkan untuk melengkapi
referensi bapak /ibu guru silakan download di link
yang tersedia, jangan lupa sebelum meninggalkan laman ini silakan like fb.
fanpage jendelasekolah.net dan apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan,
terimakasih atas kunjungan anda. Sampai jumpa dengan posting berikutnya.
0 Komentar