RPP ( Renana Pelaksanaan Pembelajaran )
merupakan sebuah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua
atau lebih. RPP dikembangkan dengan rinci dari materi pokok ataupun tema
tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran
siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran penting dan
wajib dilakukan oleh setiap guru. Karena di dalam RPP tersebut memuat tentang
tujuan dari pembelajaran yang ingin dicapai, dimana setiap pokok bahasan memiliki
tujuan yang berbeda. Tentunya akan berpengaruh terhadap metode, alat peraga,
prosedur, dan juga evaluasi pembelajaran yang akan dilakukan. Dengan membuat RPP guru akan tau materi apa yang akan
ia ajarkan untuk siswa-siswinya.
Perbedaan RPP K13 Edisi Revisi 2017 dengan RPP K 13 revisi 2016 sebenarnya
tidak terlalu signifikan , perubahan K13 revisi 2017 di titikberatkan pada peningkatan hubungan atau keterkaitan
antara kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD).
Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
K13 revisi 2017, yang harus muncul empat unsur
yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga
guru dituntut lebih kreatif dalam membuat RPP tersebut. ( Baca Panduan Menyusu
RPP K 13 )
Adapun 4 unsur yang harus diintegrasikan dalam penyusunan
RPP K13 Revisi 2017 adalah sebagai berikut:
1.
PPK (
Penguatan Pendidikan Karakter ) dalam pembelajaran terutama 5 karakter, yaitu :
religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
2.
Literasi,
yaitu : Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk
mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi
dalam berbagai bentuk tulisan.
3. 4C (Critical thinking, Creative, Communicative, dan Collaborative) atau kemampuan berkomunikasi, kemampuan
berinteraksi, kemampuan berpikir.
- Critical
Thinking ( Berpikir Kritik ): Proses konseptualisasi, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi melalui proses berpikir deduktif dan induktif
- Creativity
( Kreativitas ): Kemampuan mengembangkan solusi,
ide, konsep, teori, prosedur, produk. inovasi adalah bentuk kreativitas.
- Collaboration
(Kerjasama): Kemampuan kerjasama dalam kelompok baik tatap muka atau melalui
komunikasi dunia maya untuk memecahkan masalah, menyelesaikan konflik, membuat
keputusan, dan negosiasi untuk mencapai tujuan tertentu.
- Communication
(Berkomunikasi): Kemampuan mengemukakan pikiran atau pandangan dan hasil lain dalam
bentuk lisan, tulisan, menggunakan it, dan kemampuan mendengar, kemampuan
memahami pesan
4. HOTS ( Higher Order Thinking Skill ), yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif,
metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat
tinggi.
Rencana Pembelajaran dirancang interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta
didik.
Baca Juga :
Contoh Komponen RPP K13 SD revisi 2017
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SDN........
Kelas/Semester :
....................
Tema/Subtema/PB :
....................
Sub Tema : ....................
Pembelajaran : ....................
Alokasi Waktu : ....................
A.
Kompetensi
Inti
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator
C.
Tujuan
Pembelajaran
D.
Materi
Pembelajaran
E.
Metode
Pembelajaran
F.
Media, Alat
dan Sumber Belajar
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
H.
Penilaian
Dowload RPP K13 Revisi 2017
Kelas 1 SD (di sini)
Dowload RPP K13 Revisi 2017
Kelas 2 SD (di sini)
Dowload RPP K13 Revisi 2017
Kelas 3 SD (di sini)
Demikian info yang dapat kami bagikan apabila artikel ini
berkesan silakan dibagikan, jangan lupa
like fb fanpage jendelasekolah.net, dan selalu berkunjung di blog yang
sederhana ini . Komentar, pesan dan kesan selalu saya nantikan demi kemajuan
pendidikan di tanah air yang tercinta ini, terimakasih
0 Komentar