Kabar Gembira Mulai 2017 Pembayaran TPG Gunakan Sistem Daring

Kabar gembira bagi Bapak/ibu guru yang sudah mengantongi Sertifikat Profesi, karena pada tahun 2017 Tunjangan Profesi Guru (TPG) akan menggunakan pelaporan system online (daring), dengan pelaporan system daring dimaksud agar pembayaran TPG tidak mengalami keterlambatan.

Tunjangan Profesi Guru 2017 Berbasis Laporan Online

“Laporan keuangan harus online, ini sedang dirancang dan didiskusikan dengan BPKP," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata, pada Rakornas Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Surakarta, Jumat (16/12/2016).

Ada beberapa masalah yang terdeteksi dalam penyaluran TPG setiap tahun, salah satunya data yang tidak akurat. Pranata mengatakan optimalisasi data pokok pendidikan (dapodik) akan dilakukan sebagai upaya mendapatkan data yang akurat. Dengan menggunakannya sebagai data tunggal.

Efek dari data yang tidak akurat berimbas pada jumlah dana yang disalurkan. Jika data kurang, maka penyaluran akan terlambat, dan jika data ternyata melebihi kondisi sebenarnya maka akan menimbulkan sisa lebih penggunaan anggaran (silpa).


Batas akhir penyaluran TPG setiap triwulan adalah tanggal 9 di bulan ketiga, namun kenyataan di lapangan pembayaran TPG  seringkali mengalami keterlambat. Untuk mengatasi ini, Kemendikbud melakukan antisipasi dan sedang merancang sistem pelaporan online. Demikianlah info yang admin kutip dari sekolahdasar.net, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

PENGUNJUNG JENDELA